Economic Social and Culture Rights, atau lebih
dikenal sebagai ECOSOC, adalah salah satukovenan Hak Asasi Manusia (HAM) yang
memuat penegasan hak-hak dasar ekonomi, sosial dan budaya setiap manusia.
Hak-hak dasar tersebut diantaranya adalah hak untuk memperoleh pekerjaan, hak
untuk mencapai taraf kesehatan yang tinggi, hak untuk memperoleh pendidikan,
hak atas pemukiman, dan sebagainya.
Indonesia telah meratifikasi Kovenan Ecosoc tersebut
pada akhir tahun 2005, yang dikukuhkan dengan UU no 19/2005. Sebenarnya hak-hak
ECOSOC bukanlah suatu norma yang baru bagi Indonesia. Undang-undang Dasar 45
sebagai konstitusi negara telah lebih dulu memuat aspek-aspek yang menjadi
prinsip dari ECOSOC.Walaupun demikian kehadiran kovenan ECOSOC di Indonesia
dapat memberi peneguhan bagi agenda pemenuhan hak-hak warga.Khususnya karena
selama ini diskursus HAM lebih sering diasosiasikan dengan isu-isu hak sipil
dan politik, seperti kekerasan, diskriminasi, konflik dan sejenisnya.Sedangkan
isu-isu sosial ekonomi sepert kemiskinan, keterbelakangan, marginalisasi, dll,
sering tersisihkan dari diskursus HAM. Kehadiran kovenan ECOSOC di Indonesia
karenanya diharapkan dapat menghapus cara pandang yang memisahkan antara isu
HAM dan masalah-masalah pembangunan. Sehingga paradigma mengenai penegakan HAM
haruslah mencakup pula bagaimana upaya pemerintah dalam memenuhi hak-hak dasar
warganya.
Dalam sistem konvensi HAM internasional, dua tahun
setelah meratifikasi, Negara peratifikasi wajib membuat laporan mengenai
implementasi kovenan tersebut secara periodik dan menyampaikannya kepada badan
PBB terkait. Dengan demikian pemerintah Indonesia saat ini seharusnya sudah
wajib membuat dan melaporkan bagaimana implementasi pemenuhan hak-hak ECOSOC
terhadap warga negaranya, khususnya setelah adanya ratifikasi.
Dalam kerangka momen pembuatan laporan pasca
ratifikasi tersebut, PATTIRO berinisiatif untuk memberi kontribusi berupa
penulisan sebuah laporan mengenai situasi terkini pemenuhan hak ECOSOC dan
agenda ke depan. Sebagai bahan untuk menyusun laporan tersebut, PATTIRO membuka
kesempatan bagi para pegiat/aktivis/pemerhati hak-hak ECOSOC untuk
menyumbangkan kertas kerja dengan tema “Tiga Tahun Pasca Ratifikasi: Situasi
Pemenuhan dan Agenda Mainstreaming Hak ECOSOC Dalam Sistem Pembangunan di Indonesia”.
ECOSOC (Dewan Ekonomi
dan Sosial) beranggotakan 18 negara, kemudian dengan amandemen tahun 1963 yang
mulai berlaku tahun 1965 bertambah menjadi 27 negara. Berdasarkan amandemen
tahun 1971, yang berlaku tahun 1975, jumlah anggota berubah lagi menjadi 54
negara.Dewan Ekonomi dan Sosial dipilih oleh Sidang Umum untuk masa 3 (tiga)
tahun dan bersidang sedikitnya tiga kali dalam setahun.
II.
FUNGSI ECOSOC
Fungsi ECOSOC mencakup:
pengumpulan informasi, menasihati negara anggota, membuat rekomendasi, mengadakan penyelidikan, danmenyusun
laporan tentang soal-soal ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan di seluruh
dunia.
III.
TUJUAN ECOSOC
Ø Bertanggung jawab dalam
menyelenggarakan kegiatan ekonomi dan sosial yang digariskan oleh PBB
Ø Mengembangkan ekonomi, sosial dan
politik
Ø Memupuk hak asasi manusia.
Ø Mengkoordinasi kegiatan-kegiatan
dari bidang khusus dengan berkonsultasi dan menyampaikannya pada Sidang Umum
kepada mereka dan anggota PBB.
Ø Membuat rencana perjanjian tentang
soal tersebut dengan negara-negara anggota untuk diajukan kepada Majelis Umum
Ø Mengadakan pertemuan-pertemuan
internasional tentang hal-hal yang termasuk tugas dan wewenangnya
Dalam menjalankan tugasnya, Dewan Ekonomi dan Sosial ini
dibantu oleh badan-badan khusus seperti :
•
FAO (Food and Agriculture Organisation) = Organisasi Pangan
dan Pertanian
•
WHO (World Health Organisation) = Organisasi Kesehatan
Sedunia
•
ILO (International Labour Organisation) = Organisasi Buruh
Internasional
•
IMF (International Monetary Fund) = Dana Moneter Internasional
•
IAEA (International Atomic Energi Agency) = Badan Tenaga
Atom Internasional
•
IBRD (International Bank for Reconstrustion and Development)
= Bank Internasional untuk Pembangunan dan Rekonstruksi
•
UPU (Universal Postal Union) = Perhimpunan Pos Sedunia
•
ITU (International Telecommunication Union) = Persatuan
Telekomunikasi Internasional
•
UNHCR (United Nation High Commissioner for Refugees) =
Organisasi PBB yang mengurus para pengungsi
•
UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultuural
Organisation) = Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan
Kebudayaan
•
UNICEF (United Nations Children Fund) = Badan PBB yang
mengurusi anak-anak
•
GATT = Persetujuan tentang tarif dan perdagangan
IV.
Peranan
ECOSOC
Indonesia
memiliki peran besar dalam PBB.Indonesia terdaftar dalam beberapa lembaga
di bawah naungan PBB. Misalnya, ECOSOC (Dewan Ekonomi dan Sosial), ILO
(Organisasi Buruh Internasional), maupun FAO (Organisasi Pangan
dan Pertanian). Indonesia juga terlibat langsung dalam pasukan perdamaian
PBB.Dalam hal ini Indonesia mengirimkan Pasukan Garuda untuk mengemban
misi perdamaian PBB di berbagai negara yang mengalami
konflik. Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan
Keamanan PBB untuk masa bakti 2007–2009.
Proses
pemilihan dilakukan Majelis Umum PBB melalui pemungutan suara. Pada
proses pemungutan suara, Indonesia memperoleh 158 suara dukungan dari
keseluruhan 192 negara anggota yang memiliki hak pilih. Pemilihan ini
merupakan kali ketiga Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB
setelah periode 1974– 1975 dan 1995–1996.Sejak tanggal 1 Januari 2007
Indonesia diberi kehormatan bersama-sama dengan lima negara besar
(Amerika, Inggris, Prancis, Cina, Rusia) dan sembilan negara lain untuk
memutuskan upaya mengatasi konflik besar di berbagai negara.
V.
Tentang ECOSOC
Sidang perdana ECOSOC, 23 Januari 1946.
ECOSOC di Tempat Kerja : Tantangan
ekonomi, sosial dan lingkungan dunia adalah kekhawatiran ECOSOC. Sebuah pendiri
Piagam badan PBB yang didirikan pada tahun 1946, Dewan adalah tempat di mana
isu-isutersebut dibahas dan diperdebatkan, dan rekomendasi kebijakan yang
dikeluarkan.
Dengan
demikian, ECOSOC mempunyai tanggung jawab luas untuk sekitar 70% dari sumber
daya manusia dan keuangan seluruh sistem PBB, termasuk 14 badan-badan khusus, 9
komisi "fungsional", dan lima komisi regional.Peristiwa ECOSOC diatur
dalam Dewan Ekonomi dan Sosial Chamber.
Rapat
Dewan mengadakan pertemuan rutin sepanjang tahun dengan akademisi terkemuka, perwakilan sektor bisnis dan 3.200 + terdaftar organisasi non-pemerintah.Pertemuan terbesar ECOSOC,bagaimanapun, disediakan untuk musim panas, ketika itu berlaku, sidang tahunan bulan-panjang substantif pada bulan Juli.
Dewan mengadakan pertemuan rutin sepanjang tahun dengan akademisi terkemuka, perwakilan sektor bisnis dan 3.200 + terdaftar organisasi non-pemerintah.Pertemuan terbesar ECOSOC,bagaimanapun, disediakan untuk musim panas, ketika itu berlaku, sidang tahunan bulan-panjang substantif pada bulan Juli.
Diadakan di
tahun alternatif di New York dan Jenewa, sesi dibagi menjadi 5 segmen-tingkat tinggi, Koordinasi, Kegiatan Operasional; Urusan
Kemanusiaan, dan Umum-yang mencakup kedua isu-isu global dan teknis, pertanyaan
administratif.
Dengan fokus
pada menekan tantangan pembangunan (pekerjaan, pendidikan, kesehatan, dll),
segmen tingkat tinggi secara teratur menarik para pembuat kebijakan dari
jajaran atas pemerintahan. Segmen Tahunan Menteri Review (AMR) dan dua tahunan
Development Cooperation Forum (DCF) telah sukses terkenal, juga, berfokus pada
pilih tema yang diambil dari Tujuan Pembangunan Milenium PBB.
VI. Kebijakan empat tahunan Comprehensive Review–QCPR
Ikhtisar
Empat tahunan kajian kebijakan yang komprehensif ( QCPR ) adalah instrumen kebijakan utama Majelis Umum untuk menentukan cara sistem pengembangan PBB beroperasi untuk mendukung negara-negara dalam upaya pengembangan program yang mereka.
Pada musim gugur tahun 2012, Majelis Umum akan memberikan arah kebijakan baru untuk meningkatkan dukungan sistem PBB untuk negara-negara berkembang sebagai hasil dari review pertama empat tahunan ( QCPR ) dari kegiatan operasional PBB untuk pembangunan.
Cakupan
Empat tahunan kajian kebijakan yang komprehensif (QCPR) berkaitan dengan
masalah pendanaan kegiatan operasional PBB untuk pembangunan, fungsi
pengembangan sistem PBB dan efektivitas pengembangan kerja sistem PBB untuk
pembangunan.
Sejak tahun 1980, tinjauan kebijakan yang komprehensif telah dilakukan setiap tiga tahun. Pada tahun 2008, negara-negara anggota memutuskan untuk mengubah tinjauan kebijakan komprehensif untuk siklus empat tahunan, terutama untuk memastikan bahwa review memandu pengembangan rencana strategis organisasi sistem PBB.
Menerapkan QCPR yang mengikat untuk entitas PBB yang melapor ke GA , termasuk 11 Dana dan Program, 6 penelitian & lembaga pelatihan (UNICRI, UNIDIR, UNITAR, UNRISD, UNSSC, UNU) dan 3 badan lainnya (UNAIDS, UNISDR, UNOPS). Resolusi QCPR juga memberikan arahan kepada badan-badan khusus. Beberapa lembaga khusus telah memutuskan untuk melaporkan kepada badan yang mengatur mereka pada pelaksanaan bimbingan GA, seperti yang diminta oleh QCPR tersebut.
Isu dan proses
Proses QCPR juga memberikan kesempatan penting untuk negara-negara anggota untuk terlibat dalam dialog tentang bagaimana beradaptasi kegiatan operasional PBB untuk perubahan konteks kerjasama pembangunan global.Sekretaris Jenderal memfasilitasi proses QCPR dengan menyediakan negara anggota dengan analisis memihak, seimbang dan memandang ke depan pada pelaksanaan kebijakan yang ada. Advanced, versi diedit dari dua Sekretaris Jenderal laporan untuk 2012 QCPR diterbitkan pada awal Juni untuk menginformasikan 2012 substantif sidang Dewan Ekonomi dan Sosial.Laporan analisis tentang pelaksanaan 2007 tiga tahunan yang komprehensif kajian kebijakan (TCPR) Laporan analisis pada pendanaan kegiatan operasional untuk pengembangan sistem PBB untuk tahun 2010.
Kedua laporan SG mensintesis sejumlah besar bukti analitis/evaluatif untuk mendukung penilaian kondisi saat kegiatan operasional untuk pengembangan sistem PBB. Ini persiapan analitis terdiri sembilan studi latar belakang dan laporan, empat survei online global, tujuh kunjungan negara, program, analisis rinci arsitektur pendanaan pengembangan sistem PBB dan konsultasi luas dengan para pemangku kepentingan utama, semua diprakarsai oleh DESA dan mitranya sebagai bagian dari QCPR persiapan proses.
Sembilan studi latar belakang untuk QCPR memberikan analisis mendalam di bidang-bidang seperti sistem Resident Coordinator, proses UNDAF, harmonisasi praktik bisnis, berbasis hasil perencanaan strategis dan manajemen, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, negara-negara transisi, serta seperti memeriksa isu-isu kebijakan yang muncul akan berdampak pula pada karya pengembangan sistem PBB dalam siklus QCPR 2013-2016. Penelitian ini didukung oleh empat survei dari negara Program, UN Resident Koordinator dan tim negara, PBB Tim Manajemen Operasional dan organisasi masyarakat sipil bekerja sama dengan badan PBB di tingkat negara.
Laporan dana SG, selain memberikan rincian rinci kontribusi pendanaan dan pengeluaran dari sistem pembangunan PBB, memperluas analisis dengan laporan yang lebih lengkap tentang isu-isu seperti prediktabilitas aliran dana, rincian kontribusi non-inti dengan aliran dana dan biaya pemulihan sumber daya non - inti untuk pengembangan sistem PBB.
Masukan analitis kunci lainnya
untuk 2012 QCPR akan menjadi laporan evaluasi independen 'memberikan -as -one'
dan laporan ditugaskan oleh SG pada kajian komprehensif dari kerangka
kelembagaan yang ada untuk evaluasi seluruh sistem kegiatan operasional PBB
untuk pembangunan.
Membangun pertimbangan-pertimbangan Kegiatan Operasional Segmen ECOSOC pada
Juli 2012, Sekretaris Jenderal akan menyerahkan dua laporan tindak lanjut untuk
QCPR kepada Majelis Umum pada pertengahan Agustus dan pertengahan September
masing-masing, dengan rekomendasi untuk memperkuat koherensi, efektivitas dan
efisiensi kegiatan operasional PBB untuk pembangunan. Laporan SG dan bahan
substantif dari proses persiapan QCPR akan berfungsi sebagai titik referensi
kunci untuk Majelis Umum mengadopsi resolusi QCPR yang akan menetapkan arah
kebijakan untuk pengembangan sistem PBB yang meliputi siklus QCPR 2013-2016.
VII.
Anggota ECOSOC
54
Pemerintah anggota Dewan dipilih oleh Majelis Umum untuk tumpang tindih masa
tugas tiga tahun. Kursi di Dewan yang diberikan berdasarkan representasi
geografis dengan empat belas dialokasikan untuk Afrika Amerika, sebelas negara
Asia, enam sampai Eropa Timur Amerika, sepuluh sampai Amerika Latin dan Karibia,
dan tiga belas ke Western States Eropa dan lainnya.Daftar lengkap anggota Dewan
Ekonomi dan Sosial untuk 2014 dan tanggal berakhirnya keanggotaan.
Nama
Negara
|
Berakhir
tanggal 31 desember
|
Albania
|
2015
|
Antigua
dan Barbuda
|
2016
|
Austria
|
2014
|
Bangladesh
|
2016
|
Belarus
|
2014
|
Benin
(Plurinasional Negara)
|
2015
|
Bolivia
|
2015
|
Botswana
|
2016
|
Brasil
|
2014
|
Burkina
Faso
|
2014
|
Kanada
|
2015
|
Cina
|
2016
|
Kolombia
|
2015
|
Kongo
|
2016
|
Kroasia
|
2015
|
Cuba
|
2014
|
Republik
Demokratik Kongo
|
2016
|
Denmark
|
2016
|
Republik
Dominika
|
2014
|
El
Savador
|
2014
|
Ethiopia
|
2014
|
France
|
2014
|
Georgia
|
2016
|
Jerman
|
2014
|
Yunani
|
2014
|
Guatemala
|
2016
|
Haiti
|
2015
|
India
|
2014
|
Indonesia
|
2014
|
Italia
|
2015
|
Jepang
|
2014
|
Kazakhstan
|
2016
|
Kuwait
|
2015
|
Kirgistan
|
2015
|
Lesotho
|
2014
|
2014
|
|
Mauritius
|
2015
|
Nepal
|
2015
|
Selandia
Baru
|
2016
|
Nigeria
|
2014
|
Panama
|
2016
|
Portugal
|
2014
|
Republik
Korea
|
2016
|
Federasi
Rusia
|
2016
|
San
Marino
|
2015
|
Serbia
|
2016
|
Afrika
Selatan
|
2015
|
Sudan
|
2015
|
Swedia
|
2016
|
Togo
|
2016
|
Tunisia
|
2015
|
Turkmenistan
|
2015
|
United
Kingdom of Great Britain and Northern Ireland
|
2016
|
Amerika
Serikat
|
2015
|
No. 064/HMS/IX/00
Press
Release
Untuk pertama kalinya para kepala
negara anggota Biro Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) mengadakan
pertemuan dalam suatu working Breakfast pada tanggal 8 September 2000
bertempat di UN Regal Plaza Hotel, New York. Para pemimpin tersebut
membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan globalisasi yang dianggap
krusial bagi masa depan pembangunan ekonomi dan sosial di seluruh negara
dengan memfokuskan pada peranan teknologi bagi pembangunan. Pertemuan
tersebut dipimpin oleh Presiden RI Abdurrahman Wahid dan diikuti oleh Sekjen
PBB Kofi Annan, Presiden Austria Thomas Klestil, Presiden Bulgaria Petar
Stoyanov, Presiden Kamerun Paul Biya dan Presiden Costa Rica Miguel Angel
Rodriguez
Pada akhir pertemaun para kepala
negara tersebut mengeluarkan Komunike Pers yang isinya antara lain
menyambut baik Deklarasi Menteri ECOSOC pada tanggal 7 Juli 2000
mengenai peranan teknologi bagi pembangunan. Para pemimpin juga
mengakui bahwa teknologi informasi penting untuk pembangunan suatu ekonomi
global berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan dapat membuka kesempatan
yang luas bagi pertumbuhan ekonomi serta pembangunan sosial.
Para kepala negara tersebut juga
menyambut baik penekanan yang diberikan terhadap teknologi informasi dalam
KTT Millennium. Mengakui bahwa masalah Teknologi informasi saat ini
diterima secara luas dan mendapat perhatian di berbagai fora
internasional, termasuk pada KTT Selatan-selatan di Havana dan KTT Kelompok-8
(negara-negara industri) di Okinawa yang secara khusus memberikan perhatian
untuk menjembatani kesenjangan dalam teknologi informasi dan komunikasi
(digital divide) yang mana diakui dalam Deklarasi Menteri ECOSOC.
Para kepala negara menyatakan
keprihatinan bahwa saat ini potensi teknologi informasi
untuk memajukan pembangunan khususnya di negara-negara berkembang
belum sepenuhnya digali. Mayoritas dari penduduk dunia masih hidup di dalam
kemiskinan dan tidak tersentuh oleh revolusi teknologi informasi. Dalam hal
ini langkah-langkah mendesak yang disetujui bersama pada tingkat nasional,
regional, internasional penting sekali dilaksanakan untuk membantu
menjembatani digital divide sebagaimana diakui
dalam deklarasi menteri ECOSOC.
Ditekankannya bahwa
PBB harus menjadi bagian dalam mengerahkan berbagai sumber daya dalam upaya
mencapai tujuan tersebut. Dalam hubungan ini, para kepala negara menghargai
usaha-usaha masyarakat internasional membentuk Satgas Digital PBB
bersama-sama pihak pemerintah, lembaga-lembaga pembangunan internasional,
industri swasta, yayasan-yayasan guna secara bersama-sama membantu menjembatani
digital divide dan mengembangkan kesempatan bagi negara-negara
berkembang dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Para pemimpin tersebut menyambut
baik peranan yang kini dimainkan oleh ECOSOC secara lebih berdaya guna
sebagai forum global strategis dalam membina kemitraan dalam
meningkatkan kerjasama internasional untuk mendaya gunakan potensi
revolusi teknologi informasi untuk pembangunan.
New
York, 8 September 2000
|
gileee kereen disini juga ada loh gannn
BalasHapusdominika231.webnode.com
.
Knpa tdk mempunyai bab
BalasHapus